Search

Ikuti update lewat facebook

Minggu, 28 September 2008

Pelajaran 20 - Auxiliary verb to be

Sekarang coba isi latihan berikut ini dengan AM, IS , ARE

  1. I ( ) a nurse (perawat)
  2. She ( ) a type writer(juru ketik)
  3. He ( ) a policeman (polisi)
  4. They ( ) students (pelajar)
  5. We ( ) teachers (guru)
  6. Santi ( ) a salesgirl (wiraniaga)
  7. Anto and Andi ( ) volleyball players ( pemain bola voli)
  8. Sani and I ( ) bloggers
  9. Willy ( ) a doctor (dokter)
  10. Wawan and Ani ( ) shop keepers (penjaga toko)

Senin, 22 September 2008

Pelajaran-19 Auxiliary verb- To be

Sampai hari ini kita sudah belajar tentang unsur S-P-O-K, terdiri dari pronoun,verb, noun, sebelum kita lanjutkan pada adverb (kata keterangan) yang merupakan unsur dari K, kita akan mengulas tentang KATA KERJA BANTU (auxiliary verb). Untuk kali ini adalah tentang TO BE (am,is,are)

Apakah sebenarnya kata kerja bantu itu?
sudah dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalimat yaitu KALIMAT YANG PREDIKATNYA KATA KERJA (verbal) dan KALIMAT YANG PREDIKATNYA BUKAN KATA KERJA (nominal).
contoh : I do my homework (kalimat verbal)

Nah sekarang bagaimana dengan kalimat ini , Saya adalah seorang guru.
Kalimat di atas tidak mengandung kata kerja.
Secara mudah kita bisa terjemahkan sebagai I a teacher.
Kalimat di atas bisa dimengerti oleh siapapun tapi secara susunan tidak sempurna karena tidak ada predikat pada kalimat tersebut

Untuk membuat kalimat tersebut sempurna harus dibantu oleh sebuah kata kerja, yang disebut dengan KATA KERJA BANTU yang tugasnya adalah melengkapi kalimat yang tidak mempunyai kata kerja (predikat).

KATA KERJA BANTU yang dimaksud adalah TO BE yang terdiri dari 3 yaitu
  • AM
  • IS
  • ARE
Jadi dalam kalimat I-( )- a teacher , kita sisipkan salah satu unsur TO BE yaitu AM
menjadi I-AM-a TEACHER.

AM_IS_ARE tidak dipergunakan di kalimat yang ada kata kerjanya kecuali di PRESENT CONTINUOUS TENSE, past participle, passive voice(akan dipelajari lebih lanjut)

Jadi jangan sampai ada kalimat seperti I am go to the market, You are write a letter.

Penggunaan AM-IS -ARE selalu dikaitkan dengan SUBYEKnya

I----------> AM
You-------> ARE
They------>ARE
WE-------->ARE
SHE------->IS
HE--------> IS
IT--------->IS

Kata kerja bantuyang lain adalah TO DO dan TO HAVE

Kita akan lanjutkan pembahasan di bab berikutnya. Selamat merenungkan.

-->

Jumat, 19 September 2008

Bincang-bincang tentang "ANU" (santai sejenak)

Ada satu kata ganti dalam bahasa Indonesia yang multifungsi, dan bisa menggantikan kata apa saja. Kata ini adalah "ANU". Tidak pernah diselidiki darimana asal kata ANU ini. Sepertinya kata ini muncul begitu saja secara reflek. Kalau ada pembaca yang pernah tahu tentang hal ihwal kata ANU ini. tolong dikirimkan ke saya ya.
ANU sering muncul ketika otak sedang BLANK, ketika kita tidak tahu bagaimana menyebut suatu benda atau situasi. ANU sering muncul juga ketika kita ditanya dengan tiba-tiba atau kaget.
Saya lebih suka menyebut kata ANU ini sebagai bunyi otak seperti juga bunyi Mmmmm..... Eeeeeee........ Nggggg....nggg....ketika kita sedang memikirkan sesuatu.
ANU mewakili semua jenis kata, mulai dari kata benda, kata sifat, kata keterangan, kata kerja. Anu berjasa besar untuk mengalihkan sebuah pertanyaan yang sulit kita jawab. Bahkan ketika saya sedang menulis artikel ini dan seorang teman bertanya..."Sedang nulis apa kamu?" sayapun menjawab "Oooo sedang nulis Anu...."
ANU bisa juga digunakan untuk menutupi sesuatu yang vulgar untuk dikatakan. ANU memang banyak gunanya....meskipun saya sendiri masih belum jelas dari mana asal kata ini. Dan sekali lagi saya mohon informasi dari pembaca seputar ANU ini.


Pelajaran 18 Develop Vocabulary

Vocabulary/perbendaharaan kata bisa dikembangkan dengan cara sbb:
  1. Mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkannya dalam Istilah Bahasa Inggris.
  2. Menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris dan berusaha mengartikannya.
  3. Latihan seperti di latihan 17.
  4. Pengembangan latihan 17

Selasa, 16 September 2008

Senin, 15 September 2008

Tentang over learning

Sebelum kita melanjutkan pelajaran tentang NOUN (kata benda), saya ingin sharingkan tentang satu istilah yaitu OVER LEARNING.

Over learning bisa dijelaskan sebagai berikut, kita semua tentunya sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti naik sepeda, berenang, membaca, menulis. Untuk bisa melakukan hal-hal tersebut tentunya semuanya dimulai dengan kegiatan BELAJAR. Pernahkah anda renungkan tentang kemampuan yang anda miliki itu? Misalnya anda belajar naik sepeda umur 5 tahun, dan ketika berumur 8 tahun bisa dibilang anda sudah ahli naik sepeda. Kemudian pada umur 8 tahun anda berhenti naik sepeda dan tidak pernah naik sepeda lagi hingga berumur 11 tahun. Apa yang terjadi....? anda tetap bisa naik sepeda...! Demikian juga dengan membaca dan menulis. Pertama kali belajar membaca anda tentunya terpatah-patah unutk mengeja setiap huruf dan suku kata. Tetapi sekarang, membaca bisa anda lakukan secara otomatis, bahkan tanpa berpikir tentang huruf, dan sekalipun anda berhenti membaca selama 1 tahun, anda tidak perlu mengulang kembali dasar-dasar membaca.

Pelajaran16 - OBYEK

Pada bab awal kita sudah mengetahui tentang struktur kalimat yaitu S-P-O-K.
Sampai hari ini jika anda terapkan pelajaran yang sudah diberikan, anda sudah memiliki kemampuan untuk berkata-kata dalam bahasa Inggris dengan hanya 2 suku kata yaitu dengan menggunakan Subyek (They-We-I-You-He-She-It) dan Kata kerja (verb)
contoh : I write, She talks, They work, We buy, He goes dsb. Gunakan 2 suku kata ini sebanyak mungkin.

Nah sejenak akan kita tinggalkan pendalaman tentang kata kerja, sekarang kita akan beralih ke pelajaran tentang OBYEK.
Obyek (object) pada dasarnya adalah KATA BENDA, yang terdiri dari Orang (person) dan Benda (thing).
Contoh dalam kalimat : I read a Book, She plays piano, We buy fruit.

Untuk mengembangkan perbendaharaan kata ( vocabulary) dalam kata benda (Noun) ini bisa dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Jumat, 12 September 2008

Pelajaran 15 Daftar kata kerja tidak beraturan

Daftar kata kerja yang tercantum dalam pelajaran sebelumnya adalah kata kerja yang sering dugunakan dalam percakapan sehari-hari, berikut ini jumlah seluruh daftar kata kerja berdasarkan huruf awalnya.

Huruf A = 3 kata
Huruf B = 39 kata
Huruf C = 12 kata
Huruf D = 9 kata
Huruf E = 1 kata
Huruf F = 20 kata
Huruf G = 9 kata
Huruf H = 10 kata
Huruf I = 1 kata

Selasa, 09 September 2008

Pelajaran-14 Daftar kata kerja tidak beraturan

Berawalan huruf S
say said said = mengatakan
see saw seen = melihat
sell sold sold = menjual
send sent sent = mengirimkan
set set set = menyiapkan / mengatur
shake shook shaken = menggoncangkan / mengocok
shoot shot shot = menembak
shut shut shut = menutup
sing sang sung = menyanyi
sit sat sat = duduk
sleep slept slept = tidur
slide slid slid = meluncur
speak spoke spoken = berbicara
spend spent spent = menggunakan

Pelajaran-13 Daftar kata kerja tidak beraturan

Berawalan huruf G
get got gotten = memperoleh
give gave given = memberikan
go went gone = pergi
grow grew grown = menumbuhkan / tumbuh

Berawalan huruf H
hang hung hung = menggantung
have had had = mempunyai
hear heard heard = mendengarkan
hide hid hidden = menyembunyikan
hit hit hit = memukul
hold held held = memegang
hurt hurt hurt = melukai

Pelajaran-12 Daftar kata kerja tidak beraturan

Berikut ini daftar kata kerja tidak beraturan (Irregular verb)

Berawalan huruf C
catch caught caught = menangkap
choose chose chosen = memilih
come came come = datang
cost cost cost = harga
cut cut cut = memotong

Berawalan huruf D
dig dug dug = menggali
do did done = mengerjakan
draw drew drawn = menenggelamkan
drink drank drunk = minum
drive drove driven = mengendarai

Senin, 08 September 2008

Pelajaran 11 Daftar kata kerja tak beraturan (IRREGULAR VERB)

Berikut ini adalah daftar kata kerja tak beraturan yang dimulai oleh huruf B. Mengapa disebut tidak beraturan? Secara singkat jawabannya adalah karena perubahan dari bentuk pertama kedua dan ketiga tidak beraturan. Mengapa kok ada bentuk 1, 2, dan 3? Untuk pertanyaan ini akan kita bahas lebih detail di pelajaran selanjutnya. Saat ini cobalah untuk menghafalkan dan menggunakan daftar kata kerja di bawah ini

be was- were been = Ada
become-became- become = menjadi
begin- began- begun = memulai
bend- bent-bent = mengikat
bite-bit-bitten = menggigit
blow-blew-blown = meniup
break-broke-broken = mematahkan
bring-brought-brought = membawa
broadcast-broadcast-broadcast = menyiarkan
build-built-built = membangun
buy-bought-bought = membeli

Pelajaran 10 KATA KERJA untuk SHE DAN HE

HE dan SHE/It adalah kata ganti untuk orang/sesuatu ke-3. Khusus untuk kata ganti ini ada perbedaan dalam penggunaan KATA KERJA yang mengikutinya.

Kekhususan ini adalah penambahan akhiran S/ES di belakang kata kerja yang mengikuti kata ganti SHE dan HE

Contoh : I go menjadi SHE goes. We play menjadi He plays

Mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak yang mengatakan bahwa MEMANG BEGITU PERATURANNYA, tetapi sesungguhnya ada alasan yang logis untuk hal ini yang akan saya jelaskan di pelajaran-pelajaran selanjutnya.

Pelajaran-9 KATA KERJA (Verb)

Latihan menggunakan kata kerja dalam percakapan.

Seperti yang saya katakan di baba sebelumnya bahwa untuk mulai berbicara dalam Bahasa Inggris kita bisa memulai dengan berpikir
1. SIAPA YANG BERBICARA? > gunakan SUBJECT > They-we-I-You-He-She-It/Name
2.Subyek MELAKUKAN APA? > gunakan kata kerja.

Nah sesuai dengan prinsip bahwa bayi juga berbicara sedikit demi sedikit maka anda juga bisa berlatih bahasa Inggris sedikit demi sedikit.

Contoh latihan : Anda bisa mulai mengucapkan kegiatan yang anda lakukan dalam Bahasa Inggris. Misalnya ketika sedang berada di rumah:
* Anda baru bangun tidur anda katakan dengan keras I WAKE UP!
* Kemudian anda duduk dan mengatakan I SIT!
* Anda pergi ke kamar mandi dan membuka pintu kamar mandi dan mengatakan : I OPEN!
* Anda mandi sambil berkata I take a bath!
Lakukan terus latihan ini sepanjang hari, hanya 2 suku kata tapi terus menerus. Gunakan kata ganti secara berurutan sesuai dengan situasi yang anda lihat.Dan jangan lupa untuk terus menambah jumlah kata kerja, dengan bertanya atu dengan kamus.

Selamat berlatih .....sedikit demi sedikit akan menjadi bukit.....


-->

Minggu, 07 September 2008

Pelajaran-8 KATA KERJA (VERB)

Kata kerja (verb) terdiri dari dua bagian :
1. Kata kerja beraturan (regular verb)
2. Kata kerja tidak beraturan (irregular verb)
Mengenai ini akan kita bahas dalam bab tersendiri.

Kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menyebut suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan oleh I-YOU-WE-HE-SHE-THEY-IT
Contoh:

  • Write (menulis)
  • Read (membaca)
  • Study (belajar)
  • Type (mengetik)
Anda bisa mulai berlatih menuliskan sebanyak mungkin kata kerja dalam bahasa Indonesia, kemudian mencari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan melihatnya di kamus.

Untuk latihan mengembangkan kosa kata akan dibahas dalam bab-bab berikutnya.

Latihan : Tuliskan kegiatan anda hari ini sejak bangun pagi. Tuliskan setiap kata kerja yang bisa anda identifikasi. Cari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan kamus.
-->

Pelajaran-7-Predikat

Dasar kita adalah pola kalimat S-P-O-K, dalam bab sebelumnya sudah kita pelajari tentang Subyek dan pronoun.
Dan sekarang kita akan mempelajari tentang PREDIKAT

Predikat adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Subyek.

Predikat dalam tata bahasa terdiri dari:
1.KATA KERJA (VERB)
2.KATA KERJA Bantu (auxilliary verb)

Sebelum kita bahas dengan detail tentang KATA KERJA, saya akan menjelaskan kembali tetang KALIMAT.

Pada dasarnya ada 2 jenis kalimat yaitu :
1.Kalimat yang memiliki KATA KERJA (VERB) :KALIMAT VERBAL
2.Kalimat yang tidak memilki KATA KERJA : KALIMAT NON VERBAL

contoh 1 : Saya MENULIS surat > predikatnya adalah KATA KERJA

contoh 2 : Saya adalah seorang dokter > predikatnya adalah BUKAN KATA KERJA

Nah pelajaran tentang KATA KERJA dan KATA KERJA bantu akan berawal dari pemahaman ini.

Latihan : Buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia yang mempunyai kata kerja dan kalimat yang tidak memiliki kata kerja.

-->

Pelajaran 6-Mulai berbicara dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita lanjutkan pelajaran tentang Subyek-predikat-Obyek-keterangan, saya ingin sharing tentang kesulitan banyak orang mulai menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin anda sudah berkomitmen untuk berbahasa Inggris, tetapi ketika anda ingin memulainya, terjadi kebuntuan pikiran...harus ngomong mulai dari mana? Nah untuk memulai berlatih berbicara bahasa Inggris adalah menggunakan semaksimal mungkin kosa kata yang anda miliki dalam percakapan. Jangan takut dikira sombong kalau memang tujuan anda adalah tidak untuk menyombongkan diri.

Sabtu, 06 September 2008

Pelajaran5-Subject-pronoun

Dalam suatu percakapan selalu melibatkan beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut adalah :

1. I (saya) Kata ganti orang pertama
2. You (kamu) Kata ganti orang kedua
3. She/He (dia) Kata ganti orang ketiga tunggal
4. We (kami) kata ganti orang pertama tunggal
5.They (mereka) Kata ganti orang ketiga jamak

Jadi kesimpulannya dalam suatu percakapan selalu ada Orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga.
Yang perlu diperhatikan.

Orang pertama : adalah orang yang BERBICARA dalam suatu percakapan.
Orang ke dua : adalah orang yang MENDENGARKAN orang pertama berbicara, orang kedua ini tidak pernah berbicara, ketika YOU (kamu) berbicara dia berubah menjadi I (saya)
Orang ke tiga : adalah orang yang DIBICARAKAN dalam percakapan antara Pihak pertama (I) dan pihak ke dua (You). Orang ketiga ini juga tidak pernah berbicara dalam suatu percakapan.

Jumat, 05 September 2008

Pelajaran-4 Sentence-Subject

Di pelajaran 4 ini kita akan memasuki pelajaran tentang SUBYEK/SUBJECT.

Kita ulang, Subject adalah ORANG (person) atau SESUATU (something) yang melakukan suatu kegiatan/pekerjaan.

Subyek orang(person) mempunyai namanya masing-masing , misal Ali, Budi , Susi, Shinta dsb. Sedangkan sesuatu (something) bisa berupa nama benda atau binatang. Misal kucing yang bernama si Manis, Anjing yang bernama Helly dsb.

Sampai di sini tolong dipahami sejenak.............

Nah dilanjut.....

Misal saya bernama Edi, saya akan mengatakan bahwa saya sedang melakukan sesuatu dalam suatu kalimat saya akan berkata: Edi membaca buku di ruang tamu.

Yang perlu kita pahami sekarang adalah bahwa tidak mungkin kita akan menyebutkan nama secara terus menerus dalam suatu pembicaraan, contoh

Anton : Hallo Edi bagaimana kabarmu?
Edi : Ohhh Edi baik-baik saja, bagaimana kabar Anton?
Anton : Anton baik-baik saja Edi mau ke mana?

Agak ribet bukan? Nah untuk mempermudah suatu pembicaraan, tata bahasa menyediakan suatu kata yang disebut dengan KATA GANTI Benda (pronoun)

Dalam bahasa Inggris PRONOUN (kata ganti) terdiri dari :

I (ai) = SAYA
YOU (yu) = Kamu
SHE (si) = Dia (perempuan)
HE (hi) = Dia (laki-laki)
They (dei) = mereka
WE (wi) = kami
IT (it) = ini/itu untuk menggantikan benda yang bukan orang.

Nah..bisa kita kihat bagaimana jadinya jika tidak ada 7 kata ganti ini dalam pembicaraan, kita harus terus menerus menyebutkan NAMA orang atau benda satu persatu. Sangat tidak praktis

Pemahaman ini akan saya jelaskan lagi di pelajaran 5. Selamat merenungkan dan memahami pelajaran ini

-->

Kamis, 04 September 2008

Pelajaran 3- GRAMMAR-Sentence (kalimat)

Langkah pertama untuk belajar grammar adalah memahami bagaimana sebuah kalimat disusun.
Kalimat selalu disusun dalam pola :

SUBYEK-PREDIKAT-OBYEK-KETERANGAN

Seluruh pelajaran tata bahasa akan berkutat di 4 hal utama ini yaitu tentang
  1. Subyek (orang atau sesuatu yang melakukan suatu pekerjaan)
  2. Predikat (pekerjaan yang dilakukan oleh subyek terhadap suatu obyek)
  3. Obyek (adalah sesuatu yang menjadi sasaran pekerjaan dari subyek)
  4. Keterangan (menerangkan tentang waktu,tempat,bagaimana caranya,mengapa dsb)
Nah, sampai di sini coba pahami benar tentang pola dasar kalimat ini dengan sungguh-sungguh, masukkan kata Subyek-predikat-obyek dan keterangan dalam benak anda.

latihan : buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia dengan pola SPOK ini misal : SAYA-BELAJAR-BAHASA INGGRIS-SETIAP HARI

Renungkan dan pahami....ketika pengertian sudah muncul di benak dan hati anda, lanjutkan ke pelajaran berikutnya
-->

Pelajaran 2- GRAMMAR

Grammar atau tata bahasa. Dalam pengajaran bahasa Inggris selalu ada 2 pendapat:
  1. Grammar tidak perlu. Hal ini ada benarnya karena kita sebagai pemakai bahasa Indonesia juga tidak mengerti grammar sampai kita paham hal itu dari sekolah. Begitu lahir kita langsung diajak bicara tanpa pernah tahu tentang grammar, toh kita bisa juga lancar bicara dalam bahasa Indonesia. Tapi cara seperti ini memerlukan lingkungan yang mendukung. Jika kita mau memakai cara ini adalah dengan secara langsung memasuki lingkungan yang berbahasa Inggris sepenuhnya dalam jangka waktu tertentu.
  2. Grammar itu perlu. Hal ini didasarkan pandangan bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari adalah sebagai bahasa asing (bahasa ke dua). Oleh sebab itu kita perlu tahu dulu bagaimana menyusun kalimat menurut aturan yang ada dalam bahasa Inggris.
Kita bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut disesuaikan dengan lingkungan kita berada. Dalam blog ini saya akan beracuan dari pendapat ke dua. Dan di sini kita akan belajar lebih dahulu tentang teori grammar secara praktis.

Pelajaran 1

Ok selamat datang di pelajaran 1

Untuk pelajaran 1 ini kita akan belajar menggunakan 2 kalimat ini , baca dengan suara keras dan bayangkan anda sedang bepergian ke negara yang menggunakan bahasa Inggris, bayangkan betapa mudahnya ngomong dalam bahasa Inggris


Kalimat 1 : ENGLISH IS NOT DIFFICULT (bahasa inggris tidak sulit)

Kalimat 2 : ENGLISH IS EASY (bahasa inggris itu mudah)

Ucapkan 2 kalimat ini berulang-ulang sampai anda yakin bahwa memang tidak sulit untuk belajar bahasa Inggris. Setelah itu lanjutkan ke pelajaran 2


-->

Rabu, 03 September 2008

Bahasa Inggris itu mudah

Suatu ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah Mall...dan karena tujuannya nongkrong maka saya membawa sebuah buku berbahasa Inggris. Cukup tebal kira-kira 300 halaman.
Ketika saya sedang duduk membacanya di salah satu tempat nongkrong, datang seorang teman dan berkata "Wahhhh hebat nih baca buku bahasa Inggris....ga pusing ngebacanya?"

Sejak saat itu saya merenung dan berpikir bahwa kita terlalu memandang tinggi bahasa ini...padahal bahasa hanyalah sebuah bunyi yang diberi arti. Jika saya mengetok meja tiga kali dan kita senua sepakat bahwa itu adalah waktu untuk makan, maka ketokan tiga kali di meja telah menjadi sebuah bahasa... ya kan?

Dan secara tidak sadar pula kita telah menjadi minder terhadap bahasa Inggris, padahal Bahasa inggris merupakan bahasa yang sudah lama ada dan bukan untuk golongan elit tertentu...kita semua bisa belajar dan menggunakannya tanpa harus malu dan takut, keberadaan bahasa ini menjadi penting karena kepiawaian Bangsa Inggris menduniakan bahasanya hingga saat ini. Satu-satunya jalan untuk tidak alergi terhadap bahasa ini adalah mengenal, mempelajari dan menguasainya.

Selamat belajar Bahasa Inggris.....Bahasa inggris itu mudah....!

-->