Search

Ikuti update lewat facebook

Minggu, 03 Maret 2013

Senam untuk Otak Bahasa

Ketika kita mempelajari sesuatu entah itu pelajaran bahasa Inggris atau pelajaran lainnya, seringkali terjadi hal sebagai berikut. Anda sudah mempelajari semuanya, berusaha mengerti dan memahaminya, dan tahap selanjutnya Anda mendapatkan sebuah tingkat pengertian tertentu dari apa yang Anda pelajari. Tetapi kemudian terjadi sebuah masalah, ketika anda diminta untuk menjelaskan apa yang telah anda pahami, Anda merasa tidak mampu menjelaskan. Dan biasanya muncul frasa sebagai berikut : "aku mengerti ....tetapi susah untuk menjelaskannya". Dalam hal ini yang saya maksud adalah menjelaskan sebuah pokok bahasan, bukan menjelaskan sebuah perasaan.


Kesulitan menjelaskan secara teratur apa yang telah dipahami akan menyulitkan seorang pelajar ketika menghadapi ujian yang bertipe essay. Nah, di tulisan blog kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah cara untuk membantu mengurangi kelemahan dalam hal tersebut.

Otak mempunyai banyak bagian, termasuk salah satunya bagian otak yang mengatur kemampuan berbahasa, bagian tersebut berada di pusat limbik dari cortex kita. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan otak, salah satunya adalah dengan melakukan senam otak. Di tulisan kali ini saya akan membahas hanya satu gerakan yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan berbahasa. lakukan gerakan ini di kala santai, seperti pada waktu menonton tv, sedang duduk-duduk santai, atau pada waktu mengobrol dengan teman.Gerakannya adalah sebagai berikut :


1. Duduk rileks di atas sebuah kursi, kemudian silangkan kaki di atas kaki yang lain seperti pada gambar di atas. (Maaf apabila gambarnya kurang indah :) )


2. Tekan bagian tengah mata kaki dengan tangan kiri seperti pada gambar di atas.


3. Sambil tetap menekan bagian tengah mata kaki dengan tangan kiri seperti pada gambar 2, secara bersamaan tangan kanan menekan bagian tengah dari betis seperti pada gambar di atas. Lakukan tekanan sampai agak terasa sakit, tapi tidak usah mengerahkan tenaga terlalu berlebihan.

4. Setelah kedua posisi tangan sudah benar, gerakan selanjutnya adalah menggerakkan bagian telapak kaki ke atas dan ke bawah dalam ritme sedang - sambil kedua tangan tetap berada pada posisi yang telah dijelaskan di atas. Gerakan ini seperti ketika Anda duduk bersilang kaki sambil menunggu sesuatu, biasanya telapak kaki akan bergerak untuk menyeimbangkan kegelisahan. Nah seperti itulah. Lakukan dengan posisi sebaliknya, dan lakukan sesering mungkin. Semoga bermanfaat.
-->

Related Post